Sabtu, 02 Februari 2008

Rekor Baru di Pasar Transfer Premiership

Sumber: detiksport, 2 Februari 2008

London - Geliat klub-klub Inggris membeli pemain baru di bursa transfer kedua bulan Januari ternyata mencatat rekor baru, yaitu total pengeluaran yang sangat besar.

Dilansir dari AFP, Sabtu (2/2/2008) dinihari, klub-klub Liga Premier menghabiskan 150 juta poundsterling (sekitar Rp 2,7 triliun) untuk pemain baru di bursa transfer Januari.

Itu artinya pengeluaran total klub-klub Inggris naik 150 persen, dari yang sebelumnya 60 juta pounds di musim lalu dan lebih dari pengeluaran di tahun 2006, di mana total klub-klub Inggris mengeluarkan 70 juta pounds, yang merupakan rekor saat itu.

Menurut Paul Rawnsley, direktur lembaga akuntan Deloitte dari Sports Business Group, meningkatnya pengeluaran ini sedikit banyak dipengaruhi oleh naiknya pendapatan dari hak siar di Premiership yang mulai diterapkan musim ini.

"Kesepakatan baru mengenai hak siar jelas sekali mempengaruhi rekor pengeluaran ini. Selain itu, juga muncul pola ketika terjadi pergantian pemilik klub atau manajer, fenomena tersebut menjadi katalis dalam aktifitas di bursa transfer," ungkap Rawnsley.

Sedikit catatan, Nicolas Anelka menjadi pemain rekrutan termahal sepanjang sejarah dalam aktifitas jual beli pemain di bursa transfer bulan Januari. Anelka diboyong Chelsea dari Bolton Wanderers dengan tebusan 15 juta pounds (sekitar 273 miliar).

(ian/ian)

Tidak ada komentar: